Friday, December 13, 2019

PEKAN KONSTITUSI IX DAN MENJADI PILAR KONSTITUSI

Menjadi Pilar Konstitusi merupakan tema yang diusung Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas hukum Universitas Andalas dalam ajang bergensi Pekan Konstitusi IX. Kegiatan yang telah diselenggarakan dari tanggal 6-9 November 2016 di Universitas Andalas telah mengundang 34 Sekolah Menengah Atas Se-Sumatera. Sekolah sekolah tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan dewan juri atas partisipasi sekolah tersebut dalam event tahunan Pekan Konstitusi serta Prestasi yang telah dimiliki masing-masing sekolah

Pembukaan acara dimulai tanggal 6 November 2016 oleh Ketua Ombudsman Republik Indonesia serta dihadiri dari perwakilan dari Mahkamah Konstitusi dan MPR RI yang diselenggarakan di Hotel Inna Muara Padang. Mengusung Tema Menjadi Pilar Konstitusi diharapkan dapat menjadi motivasi terhadap siswa/i untuk menjadi pilar konstitusi dan memaknai semangat Konstitusi Republik Indonesia. Pekan Konstitusi kali ini terdiri atas beberapa perlombaan yaitu Debat Konstitusi, Lomba Cerdas Cermat, Pidato Bahasa Inggris dan Karya Tulis Ilmiah. Perlombaan ini dimulai dari tanggal 7-9 November di Convention Hall dan Fakultas Hukum Universitas Andalas.

 

Pada Hari kedua partai puncak Lomba Pidato bahasa Inggris dan Karya Tulis Ilmiah diselenggarkan. Pidato Bahasa Inggris diselenggarakan di Convention Hall Universitas Andalas dan Karya Tulis Ilmiah di Ruang Sidang Dekanat Fakultas Hukum Unand. Memasuki hari ketiga Final Lomba Cerdas Cermat dan Debat konstitusi pun berlangsung pada tanggal 9 November 2016. Pada Lomba Cerdas Cermat sekolah yang berhasil menjadi finalis yaitu SMA 1 Bukittinggi, SMA 3 Bukittinggi dan SMA 1 Gunung Talang. Sedangkan pada ajang Debat Konstitusi SMA 2 Binjai dan SMA 1 Pekanbaru berhasil masuk dalam partai puncak lomba ini. Partai puncak dalam lomba ini menghadirkan suasana tegang dan kagum peserta terhadap peserta lomba tersebut.

Penyampaian pemenang masing-masing lomba disampaikan pada penutupan Pekan Konstitusi IX yang disampaikan langsung oleh Direktur PUSaKO Prof. Dr. Saldi Isra, S.H. Sekolah-Sekolah yang berhasil menjadi Juara dalam event kali ini yaitu: Lomba Cerdas Cermat  dimenangkan oleh Juara 3 oleh SMA 3 Bukittinggi, SMA 1 Bukittinggi sebagai Juara 2 dan Juara 1 SMA 1 Gunung Talang. Lomba Pidato Bahasa Inggris dimenangkan oleh Yudha dari SMA CT Foundation sebagai Juara 1, Rifki Adlan dari SMA Plus Riau Sebagai Juara 2 dan Juara 3 dimenangkan oleh  Gian Nugraha dari SMA 3 Batusangkar. Lomba Karya tulis Ilmiah  dimenangkan oleh  Dedi dari SMA 1 Pekan baru sebagai Juara 1, Yoga dan satria dari SMA 5 Payakumbuh sebagai juara 2. Lomba Debat Konstitusi dengan Mosi Menghidupkan Kembali Garis besar Haluan Negara dimenangkan oleh SMA 2 Binjai dan Juara 2 oleh SMA 1 Pekanbaru serta Haikal dari SMA 2 Binjai terpilih sebagai Best Speaker. Pada Event Tahun ini Piala bergilir Juara Umum Pekan Konstituti Jatuh kepada  SMA 1 Pekanbaru.

Penutupan Pekan Konstitusi resmi ditutup setelah Penyampaian kata sambutan oleh Wakil Sekretaris Jenderal MPR RI Ibu Selfi Zaeni dan Setelah Pengumuman Pemanang dalam lomba Konstitusi, Acara Pekan Konstitusi Resmi ditutup dengan Foto Sesi bersama.

 

Hatta

Yamin

SEKRETARIAT PUSAKO FH-UNAND

Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas

Lt II Gedung Bersama Dekanat Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Telp/Fax : 0751-775692 E-mail : sekretariat@pusako.or.id Twitter : @PUSaKO_UNAND