Monday, October 22, 2018

Umum

Tentang PUSaKO

Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas diresmikan pendiriannya pada hari senin, tanggal 6 September 2004 oleh Ketua Mahkamah Konstitusi RI (Prof. Jimly Asshidiqie-Ketua MK pertama) dan Dekan Fakultas Hukum Unand (Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH, LLM) di Padang.

Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (selanjutnya disebut UUD 1945) sebanyak empat tahap pada kurun 1999-2002 telah merubah sistem ketatanegaraan yang lebih demokratis dibandingkan era Orde Baru dan Orde Lama.

Lembaga-lembaga negara baru dihadirkan, proses demokrasi baru dijalankan, serta hak-hak konstitusional dibernaskan. Namun tidak semua warganegara mengetahui konsep ketatanegaraan dan  hak konstitusional apa saja yang diatur oleh UUD 1945 pasca reformasi ini yang sudah berumur kurang lebih12 tahun. Padahal, semua substansi dalam konstitusi tersebut semestinya harus diamalkan oleh seluruh warga negara Indonesia demi tercapainya tujuan negara secara demokratis dan berkeadilan.

Add a comment

Read more: Tentang PUSaKO

Subcategories

SEKRETARIAT PUSAKO FH-UNAND

Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas

Lt II Gedung Bersama Dekanat Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Telp/Fax : 0751-775692 E-mail : sekretariat@pusako.or.id Twitter : @PUSaKO_UNAND